Pengertian Internet dan Intranet

Internet dan intranet merupakan dua istilah yang saling mendukung satu sama lain dalam teknologi komputer. Tahukah kalian pengertian serta manfaat dari internet dan intranet?

1. Pengertian Internet dan Intranet
Internet (Interconnected-Network) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan berbagai macam situs. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan seluruh dunia.
Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengamati lalu lintas dalam jaringan. Protokol standar pada internet dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Protokol ini memiliki kemampuan untuk bekerja pada segala jenis komputer tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.
Layanan internet memperlihatkan perkembangan yang sangat pesat, karena menawarkan beberapa daya tarik atau keunggulan dibandingkan media lain. Keunggulan tersebut, antara lain sebagai berikut.
a. Komunikasi murah
b. Sumber informasi yang bervariasi
c. Tantangan baru untuk berusaha
d. Keterbukaan
e. Jangkauan yang tidak terbatas
Intranet merupakan sebuah jaringan komputer berbasis protocol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) yang digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan Warnet (Warung Internet) dapat dikategorikan intranet. Intranet umumnya juga terkoneksi ke internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan intranet lainnya (internetworking) melalui backbone internet.
Salah satu hal terpenting dalam internet/intranet adalah keamanan jaringan (network security). Terminologi yang lebih berkembang dari intranet adalah teknologi extranet yang memiliki pengertian suatu jaringan intranet yang dapat diakses dari pihak luar baik melalui VPN maupun media komunikasi umum. VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah network yang dibangun
dengan menggunakan sambungan umum untuk menghubungi pemakai. Sebagai contoh, beberapa komputer dimungkinkan tercipta sebuah networking dengan menggunakan internet sebagai medium transportasi data. Komputer ini akan menggunakan enkripsi dan mekanisme keamanan lain untuk menjamin bahwa hanya orang yang diberi autorisasi yang bisa akses ke dalam network tersebut dan juga menjamin data tidak disusupi oleh pihak lain.

2. Manfaat Internet
Banyak kegunaan yang menguntungkan yang didapatkan dari internet dalam semua bidang (bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi, dan sebagainya). Kegunaan internet tersebut dapat diuraikan sebagai berikut.

a. Internet sebagai media komunikasi
Beberapa fenomena dan kelebihan internet sebagai media informasi dan komunikasi dibandingkan dengan media lain, yaitu informasi yang didapatkan lebih mudah, cepat, dan murah dengan jangkauan global. Saat ini, bermunculan situs media online (berbasis media cetak maupun yang tidak) sehingga mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, contohnya koran masuk internet, detik, satunet, CNN, majalah, brosur, dan lain-lain.

b. Internet sebagai media promosi
Saat ini internet bukanlah hal yang baru di dunia bisnis dan bukan hal baru pula jika internet digunakan sebagai media promosi. Empat puluh persen perusahaan di Indonesia saat ini sudah memanfaatkan jasa Internet untuk memasarkan produk-produk mereka ke berbagai kota dan luar negeri. Kekuatan internet untuk promosi sungguh sangat luar biasa karena dapat menjangkau calon pelanggan atau pembeli di mana pun berada tanpa batasan waktu dan wilayah. Selain itu, promosi produk melalui internet jauh lebih hemat dibandingkan promosi menggunakan media lain. Dengan menggunakan internet kalian dapat menghemat waktu, tenaga, bahkan biaya. Keuntungan menggunakan internet sebagai media promosi adalah sebagai berikut.
1) Melalui internet kita dapat menjelaskan secara detail tentang produk yang akan kita jual, bagaimana dan apa manfaat dari produk kita, serta apa kelebihan dari produk kita dibandingkan dengan produk yang lain. Kita dapat menjelaskan dengan detail semua produk kita, bahkan bila perlu kita dapat pula menjelaskan detail tentang perusahaan kita untuk menarik kepercayaan pada calon pelanggan/pembeli kita. Dan hebatnya lagi, hal ini kita lakukan cukup 1 kali saja.
2) Tidak terbatas wilayah dan waktu, dengan mempromosikan produk
Anda melalui internet, calon pelanggan/pembeli Anda dapat berasal dari berbagai daerah dan negara. Semua orang dapat melihat dan membaca tentang produk Anda tidak peduli pagi, siang, ataupun malam segala informasi tentang produk Anda dapat dibaca oleh banyak orang dan Anda tidak harus selalu ada di depan komputer. Di saat Anda sedang tidur pun informasi produk Anda dapat dibaca oleh orang lain. Internet akan bekerja sebagai sales perusahaan Anda.
3) Menentukan target calon pelanggan/pembeli berdasarkan wilayah/negara adalah salah satu kelebihan dari sarana promosi melalui internet. Sebagai contoh, Anda hanya ingin cari pembeli dari Jepang, maka Anda dapat mentarget promosi iklan khusus pengunjung dari Jepang. Dengan demikian, pembeli akan tertarget untuk negara Jepang saja.
4) Membatasi biaya promosi berdasarkan hari, bulan, atau tahun dapat kita lakukan dengan sangat mudah. Misalnya Anda membatasi biaya promosi maksimal 25 ribu rupiah/hari, maka biaya yang akan Anda keluarkan tidak mungkin akan melebihi 25 ribu rupiah/hari.
Masih banyak lagi keuntungan-keuntungan yang akan kita peroleh apabila kita memanfaatkan internet sebagai media promosi produk-produk kita. Anda akan merasakan betapa hebatnya internet bekerja untuk perusahaan atau bisnis Anda. Contoh nyata penggunaan internet sebagai media promosi di antaranya Image Company, Pengenalan dan Pemesanan Produk, Registrasi Client, Jadwal Pengiriman, dan lain-lain.

c. Internet sebagai komunikasi interaktif
Selama beberapa waktu silam orang hanya menggunakan media tradisional sebagai alat untuk saling bertukar informasi. Bahkan sebelum perkembangan dunia komputer maju seperti saat ini, orang hanya menggunakan media seperti interkom sebagai alat berkomunikasi alternatif.
Alat komunikasi yang lain masih cukup mahal dan tidak menarik untuk menggunakan. Dengan media di atas orang memperoleh media alternatif. Namun, saat ini perkembangan dunia komputer telah semakin maju dan merata. Zaman interkom itu kini benar-benar hanya menjadi kenangan manis, karena orang telah memperoleh media baru yang jauh lebih mudah dan tetap murah. Jaringannya pun kini semakin luas, tidak terbatas pada suatu lokal tertentu.
Media baru itu adalah internet yang menjadi media alternatif menarik karena kemudahannya dan kemampuan jaringannya. Bahkan, media ini jauh lebih baik kemampuannya dari media komunikasi lain yang menggunakan teknologi yang juga cukup canggih, misalnya penggunaan gelombang radio. Dengan internet, orang dapat melakukan pertukaran informasi yang jauh lebih sempurna dan lengkap dari media-media itu, yang hanya berdasar data analog. Contoh penggunaan internet sebagai media komunikasi interaktif adalah dengan adanya e-mail, Video Conference, IRC (Internet Relay Chat), dan Internet Phone.

d. Internet sebagai alat Research and Development
Ada beberapa keunggulan dalam pemanfaatan internet sebagai media riset. Dari segi konektivitas dan jangkauan global, pengaksesan data dan informasi melampaui batas-batas negara dan memungkinkan mendapatkan/mengakses informasi dari database dan perpustakaan yang lengkap di seluruh dunia dan juga berasal dari beraneka ragam sumber. Akses informasi di internet tidak dibatasi waktu karena lingkupnya yang global. Dilihat dari kecepatan, bila dibandingkan dengan sumber data tradisional, riset melalui internet jauh lebih cepat karena bersifat real time. Kecepatan ini bisa dibandingkan, misalnya pencarian informasi secara elektronik melalui mesin pencari (search engines) dengan pencarian lewat katalog perpustakaan atau pencarian buku/majalah/jurnal di rak-rak perpustakaan. Selain kecepatan, kenyamanan juga akan didapatkan, karena peneliti lewat internet tidak harus menghadapi berbagai birokratis. Selain itu, berbagai fitur (features) yang dirancang khusus dan user-friendly sangat memudahkan peneliti mengakses berbagai situs internet. Kemudahan akses juga akan didapat dengan adanya dukungan fasilitas komputer yang terhubung ke internet baik itu di kampus, di warnet (warung internet), maupun milik pribadi. Dibandingkan membeli jurnal asli, penelusuran informasi lewat internet jauh lebih murah. Apalagi banyak situs yang menyediakan jasa informasi secara cuma-cuma, serta akan lebih interaktif dan fleksibel jika topik dan hasil riset dapat didiskusikan melalui sarana di internet, misalnya mailing list atau chatting. Dengan itu, peneliti dapat mengikuti perkembangan terbaru atau meminta komentar dan penilaian dari berbagai pihak.

e. Internet sebagai media pertukaran data
Perkembangan teknologi Web saat ini mengakibatkan pertukaran dan pengaksesan informasi dan pertukaran data semakin mudah dan cepat. Internet (lebih spesifik, Web) menyediakan fasilitas penelusuran dan pertukaran informasi yang tersedia, tanpa dibatasi waktu dan dapat dilakukan oleh siapa saja yang terhubung dengan jaringan. Internet menyediakan informasi dalam berbagai format elektronik, baik berupa format magnetik maupun format optik dan pada umumnya digunakan untuk menyimpan informasi sekunder seperti bibliografi dan indeks maupun informasi berupa naskah lengkap (fulltext), seperti artikel majalah, prosiding, dan sebagainya. Semua informasi yang diperoleh itu dapat dimanfaatkan sebagai referensi, lahan bisnis, dan sarana hiburan.

Baca juga Pengertian Internet dari Wikipedia
Baca juga Pengertian Intranet dari Wikipedia

Jika ada pertanyaan seputar pengertian Internet dan Intranet KLIK DI SINI

Setelah membaca dan memahami materi tentang Pengertian Internet dan Intranet, silakan jawab latihan soal dengan KLIK DISINI