Mencari Web Menggunakan Search Engine

Karena begitu banyaknya web dan situs pada masa sekarang ini, maka kita membutuhkan suatu alat untuk melakukan pencarian situs atau web tersebut. Alat ini dikenal dengan istilah search engine. Berikut kita akan berkenalan dengan beberapa search engine yang sangat terkenal. Dalam penggunaan mesin pencari (Search Engine) yang perlu diperhatikan adalah ketika hendak memasukan kata yang akan dicari harus pada posisi text box yang disediakan oleh mesin pencari. Perlu diingat, ketika kalian akan melakukan pencarian, maka kalian minimal mengenal satu suku kata dari web yang akan kalian cari. Hal ini akan mempermudah pencarian, mempercepat pencarian, dan meminimalisasi pencarian web-web yang tidak diharapkan.

1. Menggunakan Search Engine AltaVista
Berikut adalah perkenalan pertama kita dengan search engine AltaVista. Mari kita masuk ke halaman mesin pencari kita dengan mengetikan http://www.AltaVista.com pada Address Bar yang disediakan oleh Web Browser. Setelah itu, tekan Enter atau klik tombol GO.
Misalnya kalian akan mencari gambar monitor, maka ketik kata tersebut pada text box dan tekan tombol Find. Selanjutnya, akan muncul beberapa pilihan alamat web yang kalian tuju dan juga alamat-alamat web yang mirip dengan apa yang kalian ketikan pada textbox.

2. Menggunakan Search Engine Google
Search engine Google saat ini merupakan salah satu mesin pencari yang paling banyak digunakan dalam dunia browsing. Bagaimanakah cara menggunakan Search engine Google? Berikut langkah-langkah mencari informasi dengan Search engine Google.
a. Buka halaman Internet Explorer.
b. Ketikkan http://www.google.co.id pada combo box Address.
c. Tekan enter hingga tampil halaman google.
d. Pilih salah satu kriteria pencarian (web, gambar, group, directory).
e. Ketik kata kunci/kalimat atau topik dari situs yang akan dicari.
f. Klik pilihan telusuri dengan google untuk memulai atau saya lagi beruntung untuk langsung membuka homepage yang paling sesuai dengan topik yang kita tuliskan.

3. Menggunakan Search Engine Yahoo
Berikut ini merupakan langkah-langkah mencari informasi menggunakan Search engine Yahoo.
a. Buka halaman Internet Explorer.
b. Ketikkan http://www.yahoo.co.id pada combo box address.
c. Tekan enter hingga tampil halaman yahoo.

4. Menggunakan Search Engine Lycos
Search engine yang keempat adalah Lycos. Cara menggunakan mesin pencari ini adalah sebagai berikut.
a. Buka halaman Internet Explorer.
b. Ketikkan http://www.lycos.com pada combo box Address.
c. Tekan enter hingga tampil halaman lycos.
d. Ketikkan kata kunci pada kotak Search.
e. Tekan enter untuk memulai pencarian.