Mengakses Situs Bermanfaat

Dewasa ini banyak sekali situs-situs internet yang bermanfaat bagi masyarakat. Tentunya situs yang dianggap bermanfaat berbeda antara satu orang dengan yang orang lain. Hal ini didasarkan pada kebutuhan atau manfaat yang dapat diambil dari situs yang bersangkutan. Sebagai contoh, seorang pegawai yang sangat sibuk sering mengakses situs layanan-layanan yang memberikan kemudahan dalam untuk menunjang kehidupan seharihari tanpa harus mengganggu jam kerjanya. Berbeda dengan pegawai di atas, seorang pelajar lebih sering mengakses situs-situs yang menyediakan informasi pembelajaran karena dianggap sangat bermanfaat. Begitu pula dengan orang-orang yang mempunyai karakteristik dan kebutuhan yang berbeda. Pada materi ini, kalian diajak untuk memahami cara-cara mengakses situs yang bermanfaat dalam proses pembelajaran, seperti cara mengakses situs Buku Sekolah Elektronik (BSE) dan situs Wikipedia Indonesia.

1. Akses Situs Buku Sekolah Elektronik (BSE)
Buku Sekolah Elektronik (BSE) adalah inisiatif dari Departemen Pendidikan Nasional Indonesia yang bertujuan untuk menyediakan buku ajar elektronik untuk tingkat pendidikan dari SD, SMP, SMA, dan SMK. Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengakses situs ini adalah sebagai berikut.
  1. Bukalah web browser yang ada di komputer kalian, misalnya Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, dan sebagainya. Dalam materi ini digunakan web browser Internet Explorer.
  2. Ketikkan alamat bse.depdiknas.go.id pada kolom address bar Internet Explorer, kemudian klik Go hingga muncul halaman situs Buku Sekolah Elektronik (BSE) seperti gambar berikut.
  3. Pilih jenis dan tingkat pendidikan yang kalian inginkan hingga muncul halaman yang menyajikan tampilan depan buku-buku pelajaran serta pilihan download atau baca online. Untuk dapat mendownload atau membaca online buku-buku dalam situs ini, kalian harus menjadi anggota terlebih dahulu. Bagi yang sudah menjadi anggota dapat langsung mengisikan nama pengguna dan password, kemudian tekan login. Untuk yang belum menjadi anggota, kalian dapat mendaftar dengan cara klik menu Pendaftaran atau klik link Tekan ini di samping pertanyaan “Belum menjadi anggota?” di bawah kolom login. Perhatikan gambar berikut!
  4. Isilah data diri kalian sesuai kolom yang tersedia dengan benar, kemudian klik Simpan. Setelah proses berhasil, kalian dapat login dengan nama pengguna dan password yang telah kalian buat. Selanjutnya, kalian dapat mendownload atau membaca online buku-buku dalam situs tersebut.

2. Akses Situs Wikipedia Indonesia
Situs Wikipedia merupakan proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka, yang dijalankan oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat. Wikipedia Indonesia sendiri merupakan anak situs ensiklopedia tersebut dengan bahasa Indonesia.
Cara yang dapat dilakukan untuk mengakses situs Wikipedia Indonesia adalah sebagai berikut.
  1. Bukalah web browser yang ada di komputer kalian, misalnya Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, dan sebagainya. Dalam materi ini digunakan web browser Internet Explorer.
  2. Ketikkan alamat http://id.wikipedia.org pada kolom address bar Internet Explorer, kemudian klik Go hingga muncul halaman situs Wikipedia Indonesia